Kelolain

DIGITAL SIGNAGE

Benarkah Digital Signage Lebih Efektif dari Media Cetak

20/12/2022

Sekarang ini zaman sudah serba digital, penyampaian informasi sudah mulai berganti dari yang tadinya konvensional menjadi digital. Yang sebelumnya menggunakan media cetak seperti poster, banner, pamflet dan lainnya berganti menjadi digital signage.

 

Digital signage adalah papan informasi berteknologi digital yang dapat menampilkan berbagai macam konten visual dengan berbagai format. Digital signage banyak ditemui di ruang publik, toko retail, hotel, restaurant, gedung perkantoran dan lainnya. Lalu apakah sekarang ini mengganti papan informasi konvensional menjadi digital signage adalah langkah yang tepat?

 

Digital Signage vs Media Cetak

Kepopuleran digital signage sangat meningkat dibeberapa tahun terakhir ini. Hal ini dikarenakan digital signage dipercaya mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan media cetak. Simak perbandingan dari digital signage dan media cetak berikut ini:

Sumber: allsee-tech.com

 

Kepopuleran digital signage sangat meningkat dibeberapa tahun terakhir ini. Hal ini dikarenakan digital signage dipercaya mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan media cetak. Simak perbandingan dari digital signage dan media cetak berikut ini:

Selain perbandingan-perbandingan di atas, terdapat beberapa data statistik yang menunjukkan keefektifan penggunaan digital signage. Data berikut ini diambil dari situs mvixdigitalsignage.com

  • Digital signage dapat menggapai 135 Juta orang per minggu.
  • 80% bisnis/brand yang menggunakan digital signage mencatat peningkatan penjualan hingga 33%.
  • Digital signage memiliki efektivitas 47,7% untuk meningkatkan brand awareness.
  • 96% siswa yang melihat signage digital dapat dapat mengingat kontennya.
  • 80% pelanggan memilih untuk memasuki toko setelah melihat digital signage.
  • 57% mengatakan digital signage telah membantu mereka meningkatkan customer service.
  • Digital signage menciptakan peningkatan 46% dalam kepuasan pelanggan.
  • Digital signage meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 29,5%.
  • 73% pengunjung restaurant setuju bahwa digital signage meningkatkan user experience.

 

 

Contoh Penggunaan Digital Signage

  • Promosi

Sumber: dokumentasi pribadi

 

Digital signage adalah alat yang tepat untuk melakukan promosi event, produk, servis, dan lain-lain. Kalian dapat dengan mudah membuat konten-konten yang interaktif dan variatif untuk menarik perhatian orang-orang. Contoh penempatan: mall, toko, salon, retail, ruang publik lainnya.

 

  • Informasi

Sumber: dokumentasi pribadi

 

Digital signage dapat digunakan untuk menampilkan informasi-infomasi penting yang perlu disampaikan kebanyak orang. Contoh penempatan: terminal, bandara, rumah sakit, kantor, mall, dan ruang publik lainnya.

 

  • Maps/Wayfinding

Sumber: dokumentasi pribadi

 

Digital signage dapat digunakan sebagai penunjuk arah, peta dan lainnya. Biasanya maps/wayfinding ini terletak di tempat-tempat luas dan banyak pengunjung seperti museum, mall, rumah sakit, gedung perkantoran. Tidak seperti peta cetak biasanya, peta digital dapat dibuat interaktif dan lebih informatif.

 

  • Self Service Kiosks

Sumber: justtide.com

 

Tidak hanya untuk menampilkan informasi, digital signage yang sudah terintegerasi dengan sistem dapat dibuat menjadi self service kiosks. Contohnya pada restaurant, orang-orang dapat dengan mudah membeli makanan sendiri pada kiosk tanpa harus menunggu petugas/kasir.

 

Cara menentukan digital signage yang tepat

  • Tujuan penggunaan. Pastikan tujuan penggunaan digital signage kalian, apakah akan digunakan untuk promosi atau untuk peta digital dan lainnya. Penggunaan yang berbeda mempunyai penempatan yang berbeda, hal ini akan berpengaruh juga pada pemilihan alat yang tepat sesuai dengan kubutuhan.
  • Konten. Konten seperti apa yang akan ditampilkan. Apakah kalian mempunyai tim yang dapat membuat konten atau kalian perlu bantuan dari pihak luar.
  • Software. Digital signage yang digunakan akan diintegrasikan pada software yang dapat membantu pekerjaan kalian. Software yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda pula.
  • Servis & Aftersales. Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Servis saat pembelian dan servis setelah pembelian adalah hal yang sangat penting. Jika terjadi error pada alat atau softwarenya kalian pastinya perlu meminta bantuan kepada penjual/vendornya. Alangkah baiknya jika kalian membeli ditempat terpecaya dengan servis yang bagus agar jika hal ini terjadi kalian tidak kebingungan.
  • Konsultasi. Apabila kalian masih memiliki keraguan kalian dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan vendor kalian.

Itulah beberapa penjelasan dan kelebihan dari Digital Signage. Jika kalian memiliki kendala atau pertanyaan seputar digital signage dan sistem integrasinya jangan ragu untuk menghubungi Unictive!