Kelolain

WEBSITE

Hal-hal penting dalam Website Development

04/10/2022

Ketika mendengar kata “website development” hal yang paling sering terpikirkan adalah coding. Sebenarnya cakupan website development jauh lebih luas dari itu. Jadi, apa itu website development? Website development adalah pembuatan, pembangunan dan pemeliharaan website yang terdiri dari semua hal yang berkaitan dengan pembuatan desain website, coding, scripting, pengembangan CMS, network configuration, dan lainnya.

Jenis-jenis web development

Terdapat beberapa jenis web development, diantaranya adalah front-end development, back-end development, full stack development, mobile development, desktop development dan lainnya. Adapun 3 jenis web development yang utama adalah front-end development, back-end development, dan full stack development. 3 jenis web development ini mempunyai cara kerja yang berbeda-beda namun saling berhubungan.

1. Front-end development

image
Sumber: Unsplash.com
Front-end development disebut juga dengan client side coding. Disebut seperti itu karena bagian yang dikerjakan berhubungan/berinteraksi langsung dengan pengguna. Tampilan visual website, menu dropdown, icon dan elemen-elemen yang digunakan termasuk dalam front-end development. Adapun orang yang bekerja dalam bidang ini disebut dengan front-end developer. Beberapa istilah yang berhubungan dan digunakan dalam front-end development: HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap.

2. Back-end development

Jika front-end berfokus pada tampilan dan visual, back-end lebih berfokus pada bagaimana website tersebut dapat bekerja. Sama seperti namanya, back-end bekerja dari balik layar. Back-end development disebut juga server-side coding. Hal-hal yang dikerjakan berhubungan dengan server, database, network, hosting, dan lainnya. Adapun istilah-istilah penting yang perlu ketahui antara lain: Back-end developer, PHP, Java, Python, Node.js, back-end framework.

3. Full stack development

image
Sumber: Unsplash.com
Full stack development merupakan penggabungan dari front-end development dan back-end development. Hal ini berarti pembuatan website tersebut dilakukan dari awal atau dari sisi interface hingga ke server. Orang yang menangani bagian ini disebut dengan full stack developer.

Poin penting dalam web development

  - Memberikan first impression yang baik kepada user itu sangat penting. Bagaimana tampilan website, apakah website berfungsi dengan baik, apakah informasi jelas tersampaikan sangat mempengaruhi cara pandang user kepada perusahaan tersebut.


- Mobile friendly website/apps sangat perlu diperhatikan. Apakah tampilan pada mobile sudah proporsional? Apakah website bekerja dengan baik dan tidak lama saat loading? Zaman sekarang banyak orang mengakses internet menggunakan handphone. Website yang tidak mobile friendly akan kurang diminati oleh user.

- Terhubung dengan SEO atau SEO friendly. Saat membuat website, kalian pastinya ingin agar website kalian lebih dikenal, salah satu caranya adalah dengan muncul pada halaman google. Pastikan website yang dibuat itu SEO friendly agar website tersebut bisa mempunyai dampak dan pengaruh dalam halaman web.

Website development bukanlah hal yang mudah dilakukan. Perlu perencanaan yang matang, eksekusi yang baik dan evaluasi dari setiap website yang dibuat. Pengerjaannya tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama tim yang baik juga. Walaupun terkesan rumit dan biaya pengerjaannya bervariasi, website development merupakan salah satu investasi penting dan bagus untuk perusahan kedepannya.

Jangan lupa juga untuk melihat lowongan back-end dan front-end yang sedang dibuka oleh Unictive!

Klik link di bawah ini ya!

Lowongan Back End

Lowongan Front End