Kelolain

SOFTWARE DEVELOPMENT

Pengertian Metaverse, Contoh dan Cara Masuknya

20/12/2022

Metaverse. Sebuah istilah yang mulai melambung tinggi dan dikenal karena digunakan oleh salah satu platform media sosial terbesar, Facebook. Seperti yang diketahui, Facebook melakukan rebranding dan mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc., atau disingkat Meta pada tanggal 28 Oktober 2021.

 

Sebenarnya, istilah metaverse pertama kali diciptakan tahun 1992. Orang yang menciptakan istilah metaverse adalah Neal Stephenson. Ia menyebutkan istilah tersebut pada novelnya yang berjudul Snow Crash. Istilah metaverse merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sungguhan. Dalam novel itu sendiri Metaverse digambarkan sebagai ruang virtual 3D yang dihuni oleh avatar manusia. Metaverse sendiri menghubungkan semua dunia virtual melalui internet & AR (augmented reality).

 

Lalu sebenarnya apa itu Metaverse? Metaverse adalah simulasi dunia nyata dalam dunia virtual dimana seseorang dapat menjelajah dunia tersebut dengan bentuk avatarnya sendiri. Avatar 3D adalah replika atau gambaran pengguna dalam bentuk animasi 3D. Metaverse dikatakan merupakan rupa internet dimasa depan, dimana metaverse dapat menghubungkan orang-orang dari tempat yang berbeda sehingga mereka dapat berinteraksi satu sama lain. Sebagai dunia virtual, metaverse adalah sebuah lingkungan yang menyediakan banyak kegunaan bagi penggunanya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pada platform ini. Sebagai contoh, kalian dapat menikmati konser virtual, membeli berbagai barang, bermain game, bekerja, hingga menjelajahi dunia tanpa batas. Contoh, pengguna dapat berbelanja online barang yang diinginkan secara digital di metaverse, kemudian memesannya dan dikirim ke alamat rumah di dunia nyata.

 

Saat ini metaverse bukan sesuatu yang pasti. Belum ada teknologi spesifik untuk menjelaskan metaverse. Namun ada beberapa platform yang menggunakan element atau konsep seperti metaverse, salah satunya adalah video games. Contoh game yang menggunakan konsep ini adalah Second Life, Minecraft, dan Fortnite. Game-game ini menawarkan pengalaman sosial dan virtual dimana para pemaiinnya dapat berinteraksi dan terlibat secara langsung dan bersamaan dalam dunia virtual.

 

Beberapa istilah dalam Metaverse yang perlu diketahui

 

  • Virtual World

Virtual World Metaverse-Unictive Media

Sumber: Unsplash.com

 

Virtual world atau dunia virtual adalah suatu simulasi atau dunia yang dibuat oleh komputer dimana lingkungannya terasa sangat nyata. Dalam dunia tersebut orang-orang dapat saling berinteraksi satu sama lain, bergerak, berkeliling dunia tersebut menggunakan avatar. Virtual world dapat juga disebut dengan synthetic world.

 

  • Virtual Reality 

Virtual Reality Metaverse-Unictive Media

Sumber: Unsplash.com

 

Virtual reality adalah suatu pengalaman simulasi yang dapat dirasakan dengan menggunakan bantuan alat lain yang disebut dengan virtual reality headset. Alat ini akan memproyeksikan gambar, suara, dan memberikan sensasi lingkungan yang nyata dan hidup. Seseorang yang menggunakan virtual reality headset dapat melakukan hal-hal seperti menjelajah dunia virtual, bergerak, dan berinteraksi dengan objek dan pengguna lain. Virtual reality banyak digunakan dalam video game, namun seiiring berkembangnya teknologi virtual reality sekarang mulai banyak digunakan untuk meeting, pelatihan media, dan pelatihan militer.

 

  • Mixed Reality

Mixed Reality Metaverse-Unictive Media

Sumber: Unsplash.com

 

Mixed reality berarti kalian berada dalam dunia nyata dan dunia virtual secara bersamaan. Contohnya adalah game Pokemon Go. Orang-orang yang memainkannya dapat melihat Pokemon yang mereka tangkap di dunia nyata menggunakan kamera handphone mereka.

 

  • Augmented Reality

 

Augmented Reality Metaverse-Unictive Media

Sumber: Unsplash.com

 

Augmented Reality mirip dengan mixed reality dimana AR adalah teknologi yang dapat memproyeksikan benda 2D/3D dalam dunia maya ke dunia nyata. Contoh penerapannya adalah filter instagram yang dapat menampilkan hewan, benda lainnya ke dunia nyata.

 

  • Virtual Economies

Virtual Economies-Unictive Media

Sumber: Unsplash.com

 

Istilah ini merujuk pada pembelian atau pertukaran barang virtual dalam game online. Dalam permainan, para pemain dapat membeli barang/item dan juga menukar uang nyara dengan uang mainan didalam game. Sekarang ini uang yang digunakan dikenal dengan nama Crypto. Banyak yang percaya bahwa perusahaan-perusahaan akan membuat mata uang sendiri di masa depan. 

 

Cara masuk kedalam Metaverse

Sejak dipublikasikan, metaverse langsung popular dan menjadi salah satu trending topic hingga saat ini. Banyak sekali yang ingin merasakan dunia metaverse. Lalu bagaimana cara agar dapat masuk kedalam Metaverse?

 

  1. Pilih platform (contoh platform yang dapat dipilih tertera di bawah) yang akan digunakan untuk masuk ke platform Metaverse.
  2. Pastikan apakah untuk mengakses platform tersebut dibutuhkan perangkat tambahan seperti headphone/headset dan kacamata AR atau VR. Pastikan juga kalian mempunyai koneksi internet yang lancar sehingga kalian dapat masuk kedalam Metaverse dengan mudah dan lancar.
  3. Lakukan pendaftaran diri untuk masuk ke platform Metaverse yang dipilih.
  4. Setelah mendaftar, ikuti semua prosedur lainnya yang dibutuhkan platform tersebut.
  5. Setelah masuk kalian dapat mulai melakukan aktivitas layaknya di kehidupan nyata. Perlu diingat sistem ekonomi yang digunakan untuk bertransaksi jual beli dalam metaverse adalah cryptocurrency dan Non-Fungible Token (NFT).

 

Berikut merupakan 2 contoh platform metaverse terkenal yang dapat kalian pilih:

 Decentraland Metaverse-Unictive Media

Sumber: google.com

 

Decentraland adalah dunia virtual dimana pemain dapat membeli sebuah petak tanah yang disebut LAND. Setiap LAND adalah NFT dengan standar ERC-72. Setelah memiliki LAND, pemiliknya dapat menyewakan, menjual, atau mengisi tanah mereka dengan objek dan aktivitas yang mereka inginkan. Decentraland juga memungkinkan kalian membuat avatar sendiri mirip dengan konsep game populer The Sims, di mana penggunanya menciptakan avatar sesuai preferensi, mulai dari memilih bentuk wajah, warna rambut, hingga tampilan pakaian yang digunakan.

 

 The Sandbox Metaverse-Unictive Media

Sumber: google.com

 

The sandbox adalah sebuah permainan yang mirip dengan Minecraft. Dalam permainan ini pemain bisa berkumpul di dunia virtual dan menciptakan aset untuk dijual menggunakan mata uang kripto. Dalam game The Sandbox, pemain dapat mengumpulkan $SAND, sebuah token utilitas ERC-20 yang digunakan untuk segala transaksi di dalam game tersebut.

Setelah mengetahui pengertian dan cara masuk metaverse apakah kalian tertarik untuk menjelajahi dunia virtual ini? Perlu diingat bahwa metaverse masih dalam tahap pengembangan sehingga kedepannya sistem dan penggunaannya mungkin dapat berubah.