Kelolain

NEWS/EVENT

Explore Jakarta pakai Jakarta Street Experience (JSX)!

21/12/2022

Weekend bingung mau kemana? Yuk explore kawasan CIkini! Sekarang pengalaman jalan-jalan kalian akan lebih mudah dan menyenangkan karena ada Jakarta Street Experience (JSX).


Pada tanggal 26 September 2022 kemarin, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan fasilitas Jakarta Street Experience/JSX. JSX sendiri merupakan smart signage/interactive installation yang dibuat oleh Unictive untuk BUMD PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB). Terletak di 3 titik yaitu depan kantor pos Cikini, pedestrian dekat Stasiun Cikini dan depan area Taman Ismail Marzuki (TIM). Dengan JSX ini kalian dapat melihat video sejarah kawasan Cikini, informasi tempat pariwisata dan UMKM (radius 1km), charging station dan peta kawasan.
 

image

Sumber: Dokumentasi Pribadi

 

Melalui JSX kalian juga bisa mendapatkan pengalaman unik melalui teknologi augmented reality. Kalian dapat berfoto dengan ondel-ondel, balon udara, elang bondol, kereta yang keluar dari layar JSX. Cara penggunaannya mudah, kalian cukup mendatangi salah 1 JSX, kemudian scan barcode yang tertera pada layar, kalian akan langsung terhubung ke website menu JSX. Pada menu tersebut kalian dapat memilih fitur yang ingin ditampilkan.

Hal menarik lainnya yang terdapat pada smart signage ini adalah bidang J yang merupakan ruang untuk para seniman untuk berekspresi memamerkan hasil karyanya.

image

Sumber: Dokumentasi Pribadi

 

Berkolaborasi dengan KitaOneUs, teman-teman berkebutuhan khusus dapat memajang hasil karyanya di masing-masing signage. Karya-karya tersebut adalah milik Anfield Wibowo, Raissa Alyaa Rizqi dan Clive Verrel.

Dengan adanya JSX ini diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki sehingga dapat berpartisipasi dalam mengurangi penggunaan emisi gas.

Ingin membuat smart signage seperti JSX? Ingin memvisualisasikan ide atau plan seputar signage? Kalian dapat menghubungi Unictive sekarang untuk berkonsultasi dan bekerja sama.